Sumber: mataramnews.co.id

Sumbawa, LiputanIslam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) berharap Indonesia menjadi contoh, teladan, dan rujukan peradaban dunia Islam. Indonesia memiliki modal dan potensi untuk mencapai itu. Apalagi saat ini Indonesia mengedepankan Islam wasathiyah atau Islam jalan tengah yang menjadikan Indonesia di contoh negara-negara Islam.

“Tentu harapan dunia Islam, harapan kita semua bahwa Indonesia mempunyai peran yang besar apalagi negara kita yang menganut wasathiyah yang moderasi tentu menjadi upaya yang penting,” ucapnya saat berada di Pesantren Modern Internasional (PMI) Dea Malela di Sumbawa, NTB, pada Sabtu (3/8).

Menurutnya, konsep Islam Wasathiyah tersebut menjadikan kehidupan keagamaan Indonesia sebagai contoh negara-negara Islam dan dunia. “Rasa bangga kita bahwa dari sekian sekian banyak negara-negara Islam di dunia ini, Indonesia termasuk negara yang penuh kedamaian, demokratis dan bisa bekerja sama dengan seluruh bangsa ini,” ungkapnya.

JK juga menambahkan bahwa dahulu memang kawasan Timur Tengah (Arab) menjadi kiblat peradaban Islam. Akan tetapi untuk saat ini hal itu tidak bisa lagi dijadikan sebagai rujukan. Justru kitalah, Indonesia saat ini yang menjadi teladan bagi negara-negara Arab dan dunia.

Baca: Pada NU Online, KH Said Aqil: Terus Sampaikan Islam Moderat

“Tentunya kalau zaman dulu orang yang kita kirim mahasiswa kita belajar ke Yaman, Libya disamping ke Al Azhar ke Mekkah, sekarang tentu tidak bisa jadi contoh yang baik sekarang  karena mereka sendiri penuh dengan konflik dan saling bunuh satu sama lain,” ujarnya. (aw/republika/liputan6).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*