aymanNew Delhi, LiputanIslam.com — Pemerintah India mengeluarkan status waspada di beberapa negara bagian menyusul pengumuman pembentukan Al Qaida cabang India oleh pemimpin kelompok itu, Ayman Al Zawahiri kemarin. Demikian laporan BBC News, Kamis (4/9) petang.

“Setelah munculnya video Al Qaida itu, kami akan berada dalam status waspada tinggi. Kami akan bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk menangangi setiap ancaman yang dihadapi negara (bagian) ini,” kata SK Nanda, pejabat tinggi keamanan di negara bagian Gujarat.

Seorang pejabat keamanan mengatakan bahwa kondisi siaga juga diterapkan di negara-negara bagian Madhya Pradesh, Uttar Pradesh dan Bihar.

Dalam pidato berdurasi 55 menit yang dirilis oleh “konsultan inteligen” SITE, sebagaimana dilaporkan media-media massa, Ayman al-Zawahiri mengatakan “al-Qaeda di subcontinen India akan mengibarkan bendera jihad di seluruh Asia Selatan”. Ayman juga menyatakan kesetiaan kepada pemimpin Taliban Mullah Omar.

Mendagri India Rajnath Singh dikabarkan telah bertemu pejabat-pejabat inteligen dan keamanan untuk membahas perkembangan menyusul pengumuman Al Qaida itu sebelum dilaporkan kepada perdana menteri.

Berbagai pendapat menyebutkan, Al Zawahiri tengah berusaha keras untuk menegakkan kembali pengaruh Al Qaida yang meredup akhir-akhir ini dengan munculnya kelompok teroris lainnya, ISIS, yang berhasil menguasai wilayah cukup luas di Suriah dan Irak, sementara Al Qaida hanya bergerak di bawah tanah.

Namun masih menjadi misteri yang menarik tentang hubungan antara “konsultan inteligen” SITE dengan Al Qaida dan ISIS, karena hampir seluruh pernyataan-pernyaan kedua kelompok teroris itu selalu melalui SITE.

Jurnalis investigatif dan penulis Christopher Bollyn dalam laporan-laporannya di blog pribadinya, bollyn.com berhasil mengungkapkan tokoh di balik SITE, yaitu Rita Kantz, seorang yahudi asal Irak yang pernah bergabung dengan tentara Israel sebelum direkrut oleh dinas inteligen Mossad.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL