Narendra_ModiNew Dehli, LiputanIslam.com — Sebagai tanda positif bagi hubungan India dan Pakistan, pemerintah India hari Rabu (21/5) mengundang pemerintah Pakistan untuk menghadiri pelantikan perdana menteri yang baru Narendra Modi.

Undangan pelantikan diberikan kepada seluruh pemimpin 8 negara anggota “South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC)”, termasuk PM Pakistan Nawaz Sharif, demikian keterangan kemenlu India, kemarin (21/5).

“Ini adalah pertama kalinya India mengundang seluruh anggota SAARC untuk menghadiri upacara pelantikan perdana menteri,” kata jubir kemenlu India Syed Akbaruddin.

Ditanya apakah langkah ini merupakan tanda dari kebijakan baru India yang lebih bersahabat dengan Pakistan, Akbaruddin menjawab, “Mari kita lakukan satu langkah setiap saatnya.”

“Pada saat ini undangan telah disampaikan. Mari kita tunggu tanggapan atasnya daripada langsung melompat untuk mengambil kesimpulan dari langkah awal ini,” tambahnya lagi.

Hubungan negara saudara dan tetangga India dan Pakistan selalu dipenuhi ketegangan dan saling curiga. Keduanya bahkan telah terlibat perang terbuka beberapa kali sejak kemerdekaan. Terpilihnya Modi dari partai militan Hindu BJP yang memiliki track record tidak terlalu baik terhadap umat Islam India dikhawatirkan akan menambah buruk hubungan kedua negara.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL