cinaNew Delhi, LiputanIslam.com – Permintaan Cina untuk memasuki wilayah India di Andaman dan Nikobar dalam upayanya melakukan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 ditolak oleh pemerintah India. Dalam pernyataannya seperti yang dilansir New Straits Times pada Jum’at (21/3), seorang pejabat India mengatakan tidak ingin hal ini dijadikan kesempatan bagi Cina memata-matai kekuatan militer India.

“Komando di Andaman dan Nicobar berada di bawah pos militer kami di wilayah ini, yang menaungi Selat Malaka,” kata pejabat tersebut. “Kami tidak mau kapal perang Cina mengintai di wilayah itu dengan alasan mencari pesawat yang hilang atau melakukan patroli pembajakan.”

Pejabat India mengatakan permintaan Cina agar empat kapal perangnya (dua kapal fregat dan dua kapal penyelamatan) agar  bisa masuk ke perairan India telah “ditolak dengan sopan”.

Penolakan itu juga diberikan dengan alasan bahwa kapal-kapal perang dan pesawat India sudah bertolak ke Teluk Benggala dan Laut Andaman di sekitar klaster 572 pulau, demikian dilaporkan the Times of India.

Pesawat pengintai maritim jarak jauh P-81 dan pesawat operasi khusus C-130J dengan optik elektro dan sensor infra merah milik India berangkat ke Malaysia pada Jumat (21/3) pagi tadi untuk bergabung dengan pasukan pencarian internasional.

Zona perairan yang berada di barat-daya Perth, Australia, saat ini sedang menjadi perhatian dunia setelah adanya informasi mengenai dua benda, yang diduga puing pesawat Boeing 777-200ER, tertangkap radar satelit.

“Angkatan Laut India menempatkan empat kapal perang di Teluk Benggala dan Laut Andaman sebagai kelanjutkan pencarian MH370. Pencarian udara secara luas juga dilakukan melalui tiga pesawat di wilayah tersebut,” kata pejabat tersebut.

Cina juga mengirimkan dua pesawat pengintai ke Malaysia untuk bergabung dalam pencarian internasional untuk menemukan pesawat MH370 yang diduga berada di selatan Samudra Hindia.(lb/beritasatu)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL