rudal indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — India berhasil mengujicoba rudal permukaan ke permukaan yang mampu membawa hululedak nuklir dengan daya jangkau hingga 350 km.

Kantor berita Iran Press TV melaporkan, Jumat (10/4), rudal ‘Dhanush’ meluncur mulus dari sebuah kapal perang di Teluk Bengal, negara bagian Odisha, Kamis siang. Ujicoba dilakukan oleh tim ahli dari Komando Pasukan Strategis India (SFC).

“Peluncuran ini adalah bagian dari sebuah latihan oleh angkatan perang dan rudal berhasil mencapai sasaran dengan ketepatan tinggi,” kata seorang ahli dari organisasi riset dan pengembangan militer India (DRDO) seperti dilansir Press TV.

Menurut pakar tersebut selama peluncuran, rudal dimonitor oleh fasilitas radar dan telemetri di pantai Odisha.

Rudal berbahan bakar bakar cair itu mampu membawa hululedak konvensional hingga nuklir hingga 1.000 kg. Rudal ini didisain untuk menghancurkan sasaran di darat maupun permukaana laut..

Pada tanggal 19 Februari India juga sukses mengujicoba rudal Prithvi-II yang mampu membawa hululedak nuklir dari sebuah peluncuran mobil di dekat Chandipur, sekitar 1.260 kilometer tenggara New Delhi.

India secara rutin menggelar ujicoba rudal nuklir sejak berhasil mengembangkan senjata nuklir tahun 1998. India juga terlibat dalam ‘lomba senjata’ yang ketat dengan tetangganya, Pakistan, yang juga memiliki kemampuan membuat senjata nuklir. Kedua negara bersaudara itu berpisah sejak kemerdekaan dari Inggris tahun 1947.

Kedua negara menolak menandatangani Non-Proliferation Treaty (NPT) dan berbagai perjanjian internasional yang membatasi pengembangan senjata nuklir. India menganggap NPT sebagai diskriminatif, sementara Pakistan menolak menandatanganinya selama India tidak melakukan hal yang sama.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL