rudal brahmos 2New Delhi, LiputanIslam.com — Angkatan Udara India telah mulai mengoperasikan rudal jelajah supersonik BrahMos yang ditembakkan dari udara. Kantor berita Rusia Sputnik News melaporkan kemarin (4/2), mengutip keterangan produsen rudal buatan bersama India-Rusia tersebut.

Namun, CEO BrahMos Aerospace CEO Sudhir Kumar Mishra menolak menjelaskan jumlah rudal BrahMos yang dipesan India tersebut.

Rudal BrahMos-2, yang bisa juga diluncurkan dari darat itu dipasang di pesawat tempur multiguna buatan Rusia Sukhoi-30 MKI. Versi angkatan darat rudal ini telah digunakan oleh Angkatan Darat India.

Namun karena rudal BrahMos-2 adalah rudal yang berat, maka harus dilakukan penyesuaian stuktur pada pesawat Su-30 untuk mengakomodasi rudal itu.

Berbentuk mengikuti model sebelumnya, BrahMos 2 adalah rudal jelajah supersonik tercepat di dunia yang mampu terbang dengan kecepatan hingga Mach 7 atau lebih dari 8.000 km perjam.

“BrahMos-2 adalah rudal pemenang perang,” kata Sivathanu Pillai, pendiri BrahMos, perusahaan patungan India-Rusia tersebut.

BrahMos Aerospace mulai beroperasi tahun 1998, mengambil nama dua sungai di India dan Rusia, yaitu Sungai Brahmaputra dan Sungai Moscow. India menjadi pemilik mayoritas perusahaan itu dengan saham sebesar 50,5 persen, dengan sisanya dimiliki Rusia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL