telanggana_20120206Hyderabad, LiputanIslam.com — Sebuah provinsi baru lahir di negara India, Senin kemarin (2/6). Telangana, nama provinsi yang ke-29 India ini merupakan pecahan dari Provinsi Andhra Pradesh yang terletak di selatan India.

Pemisahan diri provinsi baru ini merupakan kelanjutan dari konflik sosial-ekonomi berkepanjangan antara warga Telangana yang merasa dianak-tirikan oleh provinsi lamanya. Dengan jumlah penduduk 30 juta jiwa, Telangana terdiri dari 10 kota dan distrik (kabupaten) dengan ibukota Hyderabad.

Selanjutanya kota Hyderabad sendiri menjadi kota yang istimewa, karena menjadi ibukota dari 2 provinsi hingga 10 tahun ke depan saat provinsi lama, Andhra Pradesh, diharapkan sudah memiliki ibukota sendiri. Hyderabad adalah basis utama industri farmasi dan teknologi informasi India.

K Chandrasekhar Rao, ketua partai Telangana Rashtra Samithi (TRS), yang selama 14 tahun menjadi pejuang pembentukan provinsi baru, akan membentuk pemerintahan provinsi baru setelah dilantik, kemarin.

Hyderabad dipenuhi dengan bendera, banner dan balon berwarna pink, kemarin, menyambut kelahiran provinsi baru tersebut. Warna pink adalah warna kebesaran TRS.

“Pengorbanan rakyat kami dan para pemuda yang memimpin gerakan ini telah mencapai puncaknya dengan terbentuknya provinsi baru ini. Ini adalah hari bersejarah bagi kami,” kata Krishank, seorang tokoh pemuda setempat. Ia berharap pemerintahan baru akan mampu memberikan pekerjaan bagi ribuan pemuda Telanggana.

Namun sebagaian warga Telanggana justru mengalami kekecewaan dengan terbentuknya provinsi baru mereka.

“Ini hari yang menyedihkan karena kami berbicara dengan bahasa yang sama namun tidak memiliki identitas yang jelas. Para politisi memainkan peran kotor dengan memecah negara bagian ini menjadi dua,” kata Ravi, seorang pekerja infotech profesional, kepada BBC Hindi.

Andhra Pradesh dan Telangana memiliki bahasa induk yang sama, yaitu Telugu.

Koresponden BBC melaporkan, Andhra Pradesh terpecah secara sosial ekonomi dengan sebagian besar rakyat Telanggana yang merasa diabaikan dalam pembangunan.

Parlemen India menyetujui pembentukan provinsi baru Telangana pada bulan Februari lalu meski ditentang oleh anggota parlemen dari Partai Congress yang memerintah di Andhra Pradesh. Gubernur Andhra Pradesh dari Partai Congress, Kiran Kumar Reddy, mengundurkan diri setelah disetujuinya undang-undang pembentukan provinsi Telangana.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL