jeans indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Publik India kembali dibuat gaduh oleh perdebatan “sepele” yang dipicu oleh pernyataan kontroversial tokoh publik. Jika beberapa waktu lalu terjadi kegaduhan akibat kejengkelan artis Padukone atas komentar nakal media “India Times”, kini giliran penyanyi legendaris KJ Yesudas yang melakukannya.

Sebagaimana dilaporkan oleh BBC News, Sabtu (4/10), kecaman Yesudas terhadap kaum wanita yang gemar memakai celana jeans telah mengundang kegaduhan baru. Kelompok-kelompok wanita di negara bagian Kerala mengecam balik Yesudas atas pernyataannya. Beberapa kelompok wanita bahkan menggelar aksi demonstrasi di ibukota negara bagian, Trivandrum.

Para aktifis wanita dari Partai Congress yang berkuasa di negara bagian Kerala maupun dari partai oposisi komunis (Communist Party of India-Marxist/CPI-M) mengecam pernyataan Yesudas dan menuntutnya untuk menarik ucapannya dan meminta ma’af.

Pemimpin Partai Congress Bindu Krishna menyebut pernyataan Yesudas sebagai “tidak matang” dan “vulgar”, sementara politisi komunis TN Seema menyebutnya sebagai pelecehan atas prestasi “persamaan gender” di Kerala.

“Ini sungguh mengejutkan. Jika seperti ini tindakan ikon budaya seperti dia (Yesudas), maka ada masalah serius dalam masyarakat kita,” kata Seema kepada BBC.

Dalam sebuah acara baru-baru ini Yesudas mengatakan bahwa wanita yang memakai jeans adalah “melanggar budaya India” dan “memprovokasi tindakan-tindakan yang tidak patut”.

“Wanita tidak pantas memakai jeans dan membuat kesulitan bagi orang lain. Wanita harus berdandan dengan sopan dan tidak bertingkah seperti laki-laki,” kata penyanyi legendaris itu dalam acara pertemuan di Swati Thirunal College of Music di Trivandrum, hari Kamis (2/10).

“Apa saja yang harus ditutupi, ya ditutupi. Kita menghargai apa yang tertutup dan itulah budaya kita,” katanya lagi yang mendapat sambutan meriah hadirin saat itu.

Tentu saja banyak juga pendukung Yesudas yang menganggap pernyataan tersebut sebagai pernyataan bijaksana, sebagian lainnya menganggapnya sebagai nasionalis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL