kashmirNew Delhi, LiputanIslam.com — India dan Pakistan saling menghentikan layanan transporatasi ke masing-masing wilayah di daerah Kashmir yang terbagi dua setelah terjadinya perselisihan tentang penyelundupan opium.

Para pejabat kedua negara kini telah berunding untuk memecahkan perselisihan tersebut setelah India menuduh para pengemudi truk Pakistan telah menyelundupkan opium ke wilayah India. Demikian BBC News melaporkan, Senin petang (9/2).

Perdagangan antar kedua wilayah Kashmir yang terbagi itu dibuka kembali pada tahun 2008 setelah ditutup selama beberapa dekade akibat pertikaian kedua negara. Sementara layanan transportasi bus yang menghubungkan kota Srinagar di Kashmir India dan Muzaffarabad di Kashmir Pakistan lebih dahulu dibuka pada tahun 2005.

Meski pembukaan perdagangan dana lalu-lintas kedua negara menjadi tanda membaiknya hubungan kedua negara, beberapa insiden membuat perbatasan keduanya ditutup sementara.

India dan Pakistan telah berperang tiga kali karena masalah perbatasan sajak keduanya merdeka dari Inggris tahun 1947. Pada beberapa bulan terakhir terjadi insiden tembak-menembak yang cukup serius di perbatasan kedua negara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL