ijenBondowoso, LiputanIslam.com — Kunjungan wisatawan ke Taman Wiasata Alam (TWA) Kawah Ijen pada masa libur dua hari ini meningkat. Peningkatannya mencapai sekitar 300 persen dibanding hari libur biasa.

Meningkatnya kunjungan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara, ini diperkerkirakan lantara di Pulau Bali saat ini tengah merayakan hari raya Nyepi. Sehingga, mereka kemudian mengalihkan tujuan wisatanya ke Kawah Ijen.

Pantauan media, selain wisatawan mancanegara, wisatawan lokal juga tampak memadati kawasan yang berada di perbatasan antara kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo ini. Mereka tampak datang secara rombongan maupun perorangan.

Salah seorang wisatawan yang mengaku asal Swedia, Patrick Roncen (32), mengatakan, dirinya bersama beberapa temannya terpaksa mengalihkan tujuannya sementara ke Ijen karena di Bali saat ini masih ada Nyepi.

“Daripada kami di sana tidak bisa kemana-mana, lebih baik kami ke sini dulu. Kebetulan kami juga ingin melihat keindahan Ijen,” katanya.

Senada disampaikan salah seorang operator wisata Warna Tour, Nurhidayat. Dia mengaku, pada libur kali ini permintaan kunjungan wisata dari wisatawan mancanegara maupun lokal memang meningkat.

“Bukan cuma ke Ijen, tapi ke beberapa obyek wisata lainnya di Jawa Timur. Mungkin karena di Bali saat ini lagi Nyepi,” katanya, saat ditemui di Pos Paltuding, TWA Kawah Ijen.

Salah seorang petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Sapari, menjelaskan, dalam tiga hari terakhir ini kunjungan wisatawan ke Kawah Ijen memang terjadi peningkatan drastis.

“Peningkatannya hingga tiga kali lipat disbanding hari libur biasa. Selain wisatawan lokal, juga banyak wisatawan mancanegara,” terangnya.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*