Geneva, LiputanIslam.com–Seorang pria Aljazair tertangkap kamera memperotes imam Masjidil Haram, Abdul Rahman al-Sudais, tentang dukungan sang imam kepada agresi Saudi di Yaman dan blokade Qatar.

Video tersebut menjadi viral di media sosial pada minggu lalu.

Peristiwa ini terjadi setelah Imam Sudais melakukan ceramah di sebuah masjid di Geneva. Seorang penonton asal Ajazair kemudian menghujaninya dengan pertanyaan seperti “Bagaimana bisa Anda menceramahi kami tentang perdamaian ketika Anda sendiri memboikot dan membuat saudara Anda kelaparan di Yaman dan Qatar?”

Namun, Sudais tidak menghiraukan pertanyaan si penonton dan langsung pergi keluar ruangan.

Pria Aljazair ini terus melanjutkan pertanyaan kepada Sudais tentang dukungan sang imam atas kudeta di Aljazair, Egypt dan Turki, dan menyebutnya “pengkhotbah palsu”. Para pengguna media sosial pun ramai mendukung pria ini selagi video tersebut menyebar cepat di dunia maya.

Pada September lalu, Sudais juga pernah mendapatkan kecaman karena mengklaim Presiden AS Donald Trump, Amerika Serikat, dan Arab Saudi “membimbing dunia kepada perdamaian” ketika ia sedang berkunjung ke New York.

Dalam sebuah wawancara di stasiun TV Al Ekhbariya, ia menyatakan bahwa Saudi dan AS adalah “dua kutub yang memperngaruhi dunia”, dan bahwa kedua negara ini harus bersatu untuk “melawan terorisme” dan “merealisasikan keamanan dan perdamaian internasional.”

Pria Aljazair di masjid Geneva pun menyebut-nyebut pernyataan Sudais ini dalam aksi protesnya. “Bagaimana mungkin Amerika dan Arab Saudi memimpin negara-negara dunia kepada perdamaian?”

Sejak 2015 lalu, koalisi pimpinan Saudi telah melakukan serangan militer ke Yaman. Akibatnya, lebih dari 10.000 warga Yaman tewas, dan ribuan meninggal karena wabah kolera.

“[Sudais] datang ke sini untuk menceramahi kita. Dia memberikan kita hukum-hukum Islam yang melegalisasi pembunuhan saudara kita di Yaman…  Anda adalah budak Amerika… Anda adalah pendukung penguasa tiran. Semoga Anda dikutuk sampai hari akhirat,” demikian isi protes dari pria Aljazair di depan jamaah masjid. (ra/middleeasteye)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*