sheikh issaSydney, LiputanIslam.com — Imam Masjid Sydney yang punya kewarga negaraan ganda Australia – Lebanon, Syeikh Zouheir Issa, dituduh mendanai kelompok teroris al Nusra yang tengah terlibat konflik bersenjata di Suriah.

ABC News Astralia melaporkan, Senin (30/6), Syeikh Zouheir Issa yang menjadi imam di Masjid Al-Azhar di Sydney sejak 2005 itu mempunyai kaitan dengan kelompok oposisi Jabhat al-Nusra atau Front al-Nusra yang dikenal merupakan kepanjangan tangan al-Qaedah di Suriah. Issa diduga membiayai pasukan milisi di Lebanon utara utuk menggulingkan rezim Bashar al-Assad.

Issa diduga membiayai Houssam Sabbagh, warga Lebanon yang tinggal di Sydney selama dua dasa warsa, namun kini menjelma menjadi pemimpin milisi kota Tripoli di Lebanon utara yang aktif membantu kelompok Al Nusra di Suriah.

Membiayai organisasi seperti al-Nusra, yang dianggap sebagai organisasi teroris di Australia, merupakan tindak pidana. Tudingan tersebut bakal menimbulkan ketakutan pemerintah Australia, yang sudah khawatir dengan puluhan anak muda Australia pergi ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok-kelompok militan.

“Ini merupakan ancaman terbesar dalam keamanan Australia pada abad ini,” ujar Nick O’Brein, bekas kepala kontra terorisme di Scotland Yard, kepada wartawan ABC Australia. O’Brien khawatir jika mereka yang sudah mendapat pelatihan militer itu kembali ke Australia, kemungkinan besar cara berpikir mereka pasti berubah.

Syeikh Issa sendiri telah membantah tuduhan kedekatannya dengan Syeikh Sabbagh dan tak pernah memberikan dana untuk pentolan al-Nusra tersebut. Tapi menurut pengamatan Bernard Rougier, militan Salafiyah Lebanon kawakan seperti Sabbagh selalu berteman baik dengan Syeikh Issa.

Dokumen pengadilan Lebanon pada 2007 yang diperoleh ABC News menyatakan bahwa Issa dan Sabbagh adalah para tokoh utama dalam dua kelompok jihad (Asbat al-Anshar dan Fatah al-Islam). Dua kelompok ini menyerang kepentingan-kepentingan barat dan terlibat konflik dengan pasukan keamanan Lebanon antara 2004 dan 2007.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL