bakteri hidroginJefferson City, LiputanIslam.com — Tim penelitian dari Missouri University of Science and Technology berhasil menemukan bakteri yang mampu memproduksi hidrogen sekaligus menjadi pembersih lingkungan.

Tim yang dipimpin Dr. Melanie Mormile itu menemukan bakteri itu di Danau Soap di negara bagian Washington. Penemuan ini memberikan harapan bagi berkurangnya ketergantungan bakar bakar minyak.

Bakteri itu kemudian diberi nama halanaerobium hydrogeninformans. Demikian sebagaimana dilaporkan kantor berita Iran Press TV, Minggu (1/2).

“Bakteri ini dapat memproduksi hidrogen dalam kondisi saline dan alkalin dalam jumlah yang bisa menyaingi organisme-organisme termodifikasi secara genetis,” kata Dr. Mormile.

Mormile yang merupakan pakar ekologi mikrobiologi di lingkungan ekstrim menemukan bakteri itu secara kebetulan ketika ia mencari bakteri yang mempu memperbaiki lingkungan, khususnya bakteri-bakteri extremophiles yang berada di Danau Soap.

Extremophile adalah mikroorganisme yang hidup di lingjungan ekstrim seperti suhu tinggi atau rendah, keasaman tinggi, alkalinitas tinggi, atau di lingkungan-lingkungan dengan tingkat pencemaran tinggi.
Saat itu Mormile menyelidiki bakteri Halanaerobium hydrogeninformans karena diketahui memiliki kemampuan metabolisme untuk hidup di lingkungan yang tercemar. Saat itu ia menemukan salah satu spesies dari bakteri itu memiliki kemampuan untuk memproduksi hidrogin.

“Akan sangat baik jika kita bisa mendapatkan produksi liter demi liter hidrogen. Namun demikian kami belum bisa melakukan rekayasa untuk produksi massal,” kata Mormile.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL