Ali KhademhosseiniSingapura, LiputanIslam.com — Seorang ilmuwan muda Iran, Dr. Ali Khademhosseini, berhasil meraih pengharaan Singapore Young Researcher Award.

Sebagaimana dilaporkan oleh Press TV, Kamis (9/10), penghargaan tersebut diberikan kepada ilmuwan muda di bawah usia 40 tahun yang telah memberikan kontribusi besar di bidang ilmu material dan engineering.

Khademhosseini, lahir tahun 1975 di Tehran, meraih gelar SB Teknik Kimia, dan MASc Teknik Kimia dan Biomedikal di University of Toronto. Selanjutnya ia meraih PhD di bidang bioengineering di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Penelitian yang menjadi dasar penghargaan adalah “pengembangan teknologi mikro dan nano untuk mengontrol sifat-sifat sel dengan penekanan khusus dalam mengembangkan biomaterial berukuran mikro dan sistem engineering untuk “tissue engineering””.

Ia juga mengembangkan sistem organ dalam chip yang ditujukan untuk memprediksi respon manusia terhadap material vitro.

Khademhosseini termasuk dalam daftar MIT Technology Review’s TR35, yaitu daftar tahunan inovator-inovator muda berusia di bawah 35 tahun atas karyanya mengembangkan “living legos” yang bisa digunakan untuk membuat organ buatan.

Khademhosseini adalah profesor penuh di universitas bergengsi Harvard, AS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL