Tel Aviv, LiputanIslam.com—Pemerintah Israel mengumumkan akan keluar dari organisasi pendidikan dan budaya PBB, UNESCO, hanya beberapa jam setelah AS mengumumkan keputusan yang sama dengan alasan badan itu bias “anti-Israel.”

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Israel pada Kamis (12/10/17), Perdana Menteri Benjamin Netanyahu “menginstruksikan menteri luar negeri untuk mempersiapkan pengunduran Israel dari organisasi itu bersama dengan AS.”

Netanyahu juga disebutkan senang dengan keputusan yang dibuat oleh Presiden Donald Trump itu. Dia menyebut keputusan itu “berani secara moral karena UNESCO telah menjadi teater yang absurd,”

Sejak 2011, AS berhenti mendanai UNESCO setelah diadakan voting untuk memasukkan Palestina sebagai anggota tetap. AS menilai voting  itu merupakan sikap bias anti-Israel di dalam badan PBB, di mana Israel dan sekutu-sekutunya berjumlah jauh lebih sedikit daripada anggota negara Arab dan pendukung mereka.

Ini bukanlah kali pertama AS keluar dari UNESCO. Negeri Paman Sam itu pernah melakukan hal yang sama pada tahun 1980-an dengan alasan badan itu salah urus, korup, dan digunakan untuk mendukung kepentingan Soviet. Namun  mereka bergabung kembali pada tahun 2003. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL