iaea iranTeheran, LiputanIslam.com — Pejabat tinggi badan atom internasional IAEA, memuji perundingan yang tengah berlansung dengan Iran perihal program nuklir Iran, dengan menyebutnya sebagai “perkembangan yang baik”.

“Sejak November semuanya berjalan sesuai rencana,” kata Deputi Direktur IAEA Tero Tapio Varjoranta setelah kembali dari Iran hari Senin (10/2) seraya menyebut perkembangan kerjasama pihaknya dengan Iran sebagai “baik”.

Varjoranta mengeluarkan pernyataan tersebut sehari setelah Iran dan IAEA mencapai kesepakatan “7 langkah praktis” yang harus dilaksanakan Iran pada tgl 15 Mei 2014 sebagai “langkah sukarela”. Kedua pihak juga telah me-review perkembangan implementasi dari 6 langkah praktik pertama yang disepakatan bulan November tahun lalu.

Varjoranta, yang mengepalai tim inspeksi IAEA di Teheran, lebih jauh mengatakan bahwa kesepakatan “7 langkah” merupakan langkah pertama yang telah berhasil dilaksanakan. “Masih ada banyak lagi isu-isu besar lainnya yang harus disepakati,” katanya.

Iran dan IAEA pada bulan November 2013 lalu menandatangani kesepakatan untuk membuat “peta jalan” kerjasama pada isu-isu besar tertentu. Di bawah kesepakatan itu Iran setuju untuk secara sukarela mengijinkan para pengawas IAEA untuk mengunjungi reaktor nuklir Arak serta tambang uranium Gachin di Selatan Iran.

Pada tgl 8 Desember 2013 para pengawas IAEA telah mengunjungi Arak dan dilanjutkan kunungan ke Gachin bulan Januari lalu.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL