sby-riauPekanbaru, LiputanIslam.com —  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan penyebab kabut asap di Riau adalah hutan yang sengaja dibakar. SBY membantah pendapat yang menyebutkan bahwa kebakaran lahan di Riau akibat cuaca ekstrim. Pernyataan SBY ini diungkapkan di depan sejumlah kepala daerah dan pimpinan perusahaan di kediaman Gubernur Riau, Minggu (16/3)

SBY mengaku tidak suka dengan alasan yang menyatakan penyebab kebakaran lahan adalah kondisi alam. Menurut dia, ada kalanya cuaca ektrim menyebabkan vegetasi menjadi kering dan bisa memicu kebakaran saat bergesekan. Namun, kata SBY, kasus semacam itu sangat sedikit. “Kebakaran lahan di seluruh wilayah Indonesia sebagian besar akibat kesengajaan,” ujarnya.

Menurut SBY dirinya mendapat penjelasan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Syamsul Maarif, soal kondisi terakhir di Riau. SBY juga mengatakan telah berdialog dengan warga Siak dan Kampar, yang secara terbuka mengatakan penyebab kebakaran hutan.

Warga, kata SBY, meminta peralatan dan perlengkapan untuk mengatasi kebakaran lebih dini. “Jadi mari kita bersatu dalam pemahaman dan kesadaran. Kalau kita membelokkan isu, tidak jujur dan tidak terbuka, sampai kapan pun bencana asap tidak akan bisa diatasi,” kata SBY.

SBY menggelar pertemuan dengan sejumlah pejabat daerah dan petinggi perusahaan seusai memantau titik api di Kabupaten Kampar, dan Kecamatan Minas, Siak. Sebanyak 74 perusahaan hadir mendengarkan arahan presiden.(lb/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL