hunGARIABudapest, LiputanIslam.com — Mantan sekutu Uni Sovyet, Hungaria, masih menunjukkan kesetiaannya kepada Rusia dalam konflik yang tengah terjadi antara Rusia dengan negara-negara barat. PM Viktor Orban menyebut ekonomi Eropa tergantung pada suplai energi Rusia sehingga tidak patut jika negara-negara barat memusuhi Rusia.

“Mereka yang percaya bahwa ekonomi Eropa bisa bersaing tanpa kerjasama dengan Rusia dan mereka yang percaya keamanan energi bisa dijamin di Eropa tanpa suplai energi dari Rusia adalah orang-orang yang tengah berilusi,” kata Orban paska pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Budapest, Selasa (17/2), seperti dilansir Press TV.

Kepala pemerintahan negara anggota Uni Eropa itu selanjutnya menyerukan ditetapkannya hubungan yang normal antara Eropa barat dengan Rusia dengan pencabutan sanksi-sanksi ekonomi terhadasp Rusia terkait krisis Ukraina.

“Saya percaya bahwa hubungan antara Uni Eropa dengan  Rusia harus dipulihkan secepat mungkin,” tambahnya.

Ia juga menekankan perlunya Hungaria menjaga hubungan baik dengan Rusia.

“Saya telah menyatakan dengan jelas bahwa Hungaria membutuhkan Rusia. Bagi kami negara Hungarians, penting untuk menjaga bahwa pasar Rusia terbuka bagi produk-produk Hungaria. Dan Hungaria berkepentingan dengan suplai energi Rusia,” tambah Orban lagi.

Putin berada di Budapest selama sehari, menjadi kunjungan pertamanya di sebuah negara Uni Eropa sejak berlangsungnya krisis Ukraina bulan April tahun 2014. Russia Today melaporkan, kedua pemerintahan berhasil membuat “kesepakatan politik” terkait dengan suplai gas Rusia.

Rusia menjadi sumber energi utama Hungaria dengan pembelian gas Hungaria mencapai 6 miliar meter kubik tahun 2013 lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL