hondajetTokyo, LiputanIslam.com — Perusahaan pembuat mobil utama Jepang, Honda, menerbangkan pesawat jet pertama buatannya, Kamis (23/4). Pesawat berkapasitas 7 penumpang itu tinggal landas dari Bandara Sendai di utara Jepang dan mendarat di Bandara Haneda Tokyo.

Pesawat yang diberi nama ‘Hondajet’ ini dibuat oleh anak usaha Honda yang berbasis di AS, yaitu Honda Aircraft Company. Dengan harga $4,5 juta, Honda membidik pasar orang-orang kaya di dunia yang semakin banyak jumlahnya.

Proyek ini juga diharapkan bisa mengembalikan reputasi Honda yang rusak oleh banyaknya kasus kesalahan produksi yang membuat sejumlah besar mobil-mobil Honda ditarik dari pasaran. Demikian Russia Today melaporkan kemarin petang.

Presiden HondaJet Aircraft Michimasa Fujino mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menerima 100 pesanan pesawat Hondajet. Pesawat-pesawat ini akan dikirimkan kepada para pembelinya di AS tahun ini. Namun penjualan di Asia belum bisa dilayani hingga setidaknya 5 tahun mendatang.

Fujino mengakui pasar Asia relatif kecil dibandingkan pasar di Amerika Utara, Eropa dan Amerika Selatan.

Pesawat-pesawat HondaJet memiliki perbedaan tajam dengan pesawat-pesawat sejenisnya, yaitu mesinnya yang terletak di bagian atas sayap, daripada di bawah sayap seperti pesawat-pesawat lain. Hal ini, klaim Honda, meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 15%, menambah kapasitas ruang kabin dan menimbulkan suara yang lebih lembut.

Honda juga mengklaim pesawatnya bisa terbang lebih cepat hingga 778 kilometer per-jam, serta lebih stabil menerobos turbulen udara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL