snowdenHollywood, LiputanIslam.com — Kisah spektakuler kontraktor keamanan AS Edward Snowden yang telah membocorkan spionase besar-besaran AS, tidak akan segera menghilang. Industri film dunia Hollywood akan memfilmkan petualangan Snowden ini. Tidak main-main, sutradara sekelas Oliver Stone akan menjadi sutradaranya.

“Ini adalah salah satu cerita terbesar di masa ini. Sebuah tantangan nyata. Saya senang bisa bekerjasama dengan Guardian,” kata Stone tentang rencana pembuatan film petualangan Snowden tersebut sebagaimana dilaporkan Guardian, hari Senin (2/6).

Film yang akan dibuat Stone adalah berdasarkan buku yang ditulis jurnalis The Guardian, Luke Harding, berjudul “The Snowden Files: The Inside Story of the World’s Most Wanted Man” yang terbit awal Februari lalu.

Sementara itu pemimpin redaksi The Guardian, Alan Rusbridger, juga menyatakan kegembiraannya bekerjasama dengan Oliver Stone dan produser Moritz Borman dalam proyek tersebut.

Namun film tersebut, kalau benar telah terwujud, bukan satu-satunya sumber informasi yang menarik tentang petualangan Edward Snowden. Beberapa waktu lalu mantan jurnalis Guardian Glenn Greenwald mengumumkan rencana pembuatan film petualangan Snowden yang akan diproduseri oleh Michael Wilson dan Barbara Broccoli yang terkenal dengan beberapa film yang laris di pasaran termasuk serial James Bond.

Greenwald mengaku memiliki banyak informasi menarik tentang Snowden berkat kedekatan mereka.

Stone sendiri, selain terkenal dengan film peraih Oscar seperti “Platoon”, juga dikenal sebagai pembuat film “dokumenter” seperti film tentang Fidel Castro, Richard Nixon, hingga John F. Kennedy.

Kisah tentang Snowden tampaknya telah menjadi ajang komoditi yang menggiurkan dan menjadikan orang saling bersaing untuk memperebutkannya. Ketika Harding dan The Guardian merilis buku tentang Snowden Februari lalu, Greenwald menyindir dalam akun twitter-nya:

“Cerita tentang Snowden oleh orang yang tidak pernah berbicara dengan Snowden.”

Sementara itu Wikileaks yang merupakan pendukung Snowden dan Greenwald menyebut buku Harding sebagai “bajakan”.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL