Potret Mohammad Ali Abdel Khaliq. Sumber: Memo

Kairo,LiputanIslam.com—Seorang artis sekaligus pengusaha, Mohamed Ali, telah membeberkan sebuah rencana demonstrasi terbaru untuk menentang rezim Presiden El-Sisi. Ia menyebut, rencana baru ini akan mempersulit aparat keamanan untuk menekan dan menangkapi para demonstran.

Dalam sebuah video yang diunggah melalui laman Facebooknya, ia menyebut rencana ini didapatkan dari seorang demonstran bernama Atwa Kenanah, yang menyarankan aksi demonstrasi harus dilakukan dijalanan, pukul 3 sore di hari kerja. Ia menyebut, aksi sebelumnya berhasil dilumpuhkan aparat karena dilakukan pada saat libur, jalanan kosong, dan memberikan ruang bagi aparat untuk mengontrol jalanan.

Menurutnya, aksi demonstrasi pada pukul 3 sore ini akan melibatkan sejumlah besar pekerja dan mahasiswa di jalanan. Kombinasi ini nantinya akan menghimpun sejumlah besar orang yang sulit dikontrol dan bahkan ditangkap.

Baca: Redam Demonstrasi, Polisi Mesir Ringkus Aktivis Muda Alaa Abdel Fattah

Pada Jum’at, 20 September lalu, para aparat keamanan telah menyegel alun-alun terbesar di Mesir, Alun-alun Tahrir dan beberapa jalan di sekitarnya. Mereka juga melumpuhkan empat stasiun metro di pusat ibu kota untuk mengantisipasi sejumlah masa yang dipanggil oleh Ali.

“Untuk mengekang kebebasan bergerak dan berkumpul, pihak berwenang Mesir telah menutup setidaknya empat stasiun metro utama di pusat kota Kairo dan memblokir sebagian besar jalan menuju alun-alun Tahrir,” kata Amnesty Internasional, menjelaskan tindakan represif pemerintah Mesir terhadap para demonstran. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*