presentar asWashington DC, LiputanIslam.com — Seorang presenter televisi AS berbahasa Spanyol Univision, dipecat dari pekerjaannya setelah menyamakan ibu negara Michele Obama dengan tokoh manusia kera dalam film “Planet of the Apes”.

Rodner Figueroa, penerima hadiah Emmy Award, mengklaim dirinya dipecat setelah Gedung Putih menelpon pimpinannya. Demikian seperti dilansir CNN, Jumat (13/3).

“Saya mendapatkan pemberitahuan lisan bahwa karena telepon dari kantor Anda, maka saya dipecat,” kata Figueroa, dalam pernyataan yang ditujukan kepada Michele Obama, hari Kamis (12/3). Sampai saat ini Gedung Putih menolak berkomentar tentang masalah ini.

Seorang pejabat Univision membantah menerima telepon dari Gedung Putih dan mengatakan akan membuat pernyataan bersama dengan Gedung Putih tentang insiden ini.

Rodner Figueroa membuat pernyataan bernuansa rasialis itu dalam acara bincang-bincang yang dipadunya “El Gordo Y La Flaca”, hari Rabu (11/3).

Komentarnya itu muncul saat acara itu mengundang seorang perias wajah Paolo Ballesteros, yang belum lama ini merias wajahnya sehingga mirip para selebritas perempuan, termasuk Michelle Obama

Saat membandingkan paras Paolo dengan foto aktris aslinya, munculah komentar yang tak pantas untuk Michelle Obama itu. “Anda tahu, Michelle Obama mirip salah seorang pemeran dalam film Planet of the Apes,” ujar Figueroa dalam bahasa Spanyol.

Mendengar komentar “ngawur” itu, sesama pembawa acara Raul de Molina mencoba untuk mengurangi kerusakan yang diciptakan Figueroa. Raul mengatakan Michelle adalah sosok perempuan yang menarik.

Komentar rasialis itu muncul dalam siaran bincang-bincang yang disiarkan langsung di pesisir timur AS. Kemudian komenter tersebut disunting saat disiarkan untuk konsumsi wilayah pesisir barat AS.

Akibat komentar bernada rasialis tersebut, Figueroa pun harus kehilangan pekerjaan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*