hillaryWashington DC, LiputanIslam.com — Mantan ibunegara dan Menlu As Hillary Clinton mengumumkan pencalonan dirinya sebagai calon presiden AS dalam pemilihan tahun 2016 mendatang. Jika terpilih ia akan menjadi presiden wanita AS yang pertama.

Kantor berita BBC News melaporkan, pendeklarasian itu dilakukan melalui situs kampanye yang didirikannya pada hari Minggu (12/5). Ia mengatakan keinginannya untuk menjadi ‘pemimpin’ bagi rakyat Amerika.

“Saya akan bertarung untuk menjadi Presiden,” kata Hillary melalui video yang diunggah di situs kampanyenya.

“Rakyat Amerika telah berjuang untuk pulih dari ekonomi yang sulit, namun dek masih dipenuhi dengan kepentingan mereka yang berada di atas,” tambahnya.

Hillary juga terlibat dalam pertarungan pemilihan presiden tahun 2008 namun tersisih oleh Barack Obama dalam penentuan calon dari Partai Demokrat.

Dalam video tersebut ditayangkan sejumlah warga AS yang berbicara tentang harapan dan aspirasinya, dan kemudian Hillary mengatakan, “Jadi saya merintis jalan untuk mendapatkan dukungan Anda, karena inilah saatnya bagi Anda dan saya berharap Anda bergabung dengan saya dalam perjalanan ini.”

Tim sukses Hillary Clinton mengatakan akan menghabiskan waktu beberapa minggu ini untuk membangun basis dukungan dalam pemilihan awal di negara-negara bagian. Hillary mengatakan tengah ‘dalam perjalanan’ menuju Iowa.

Diperkirakan Hillary akan memulai kampanye massanya pada pertengahan tahun ini. BBC menyebut ambisi kepresidenan Hillary Clinton sebagai ‘yang paling sulit disembunyikan’.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL