us-tankWashingon, LiputanIslam.com—The Heritage Foundation mempublikasikan laporan mengenai tingkat kekuatan militer AS pada Rabu (16/11/16). Mereka  memberikan kesimpulan bahwa militer Amerika saat ini mencapai titik terendah dan semakin melemah.

Mengambil data dari index Kekuatan Militer AS 2017, temuan laporan tersebut meneliti poin-poin ini: kapabilitas atau modernitas, kapasitas untuk operasi, dan kesiapan menangani misi dengan sukses.

“Bahkan untuk unit tentara yang dikirim ke luar negeri, Angkatan Darat membutuhkan banyak bantuan untuk pemeliharaan alat-alat,” tulis Heritage. “Kesimpulannya, Angkatan Darat [AS] semakin melemah dan menua, kondisi yang sepertinya takkan berubah untuk ke depannya.”

Secara umum, Angkatan Darat AS tidak punya kapasitas dan kesiapan untuk membela tanah air mereka, namun di saat yang sama sukses menuntaskan perang besar di negara lain.

Menurut Heritage, bagian lainnya dari militer AS juga tak terlihat lebih baik. Angkatan Laut, misalnya, yang diberi nilai buruk oleh Heritage dalam hal kapabilitas, kini tengah “menghabiskan waktu yang panjang demi meningkatkan kesiapan dalam memenuhi tuntutan operasional.”

Angkatan Udara juga dinilai berkualitas buruk dikarenakan tidak menerima dana yang cukup. Banyak jet dan helikopter perang yang  ternyata tidak banyak beroperasi.

Heritage menyatakan temuan tersebut menggarisbawahi perlunya peningkatan secara keseluruhan dalam pendanaan militer, meski Pentagon telah membuat proposal dana yang masif sebanyak $583 milyar untuk militer AS pada tahun 2017. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL