helikioerDonetsk, LiputanIslam.com — Helikopter-helikopter tempur Ukraina diduga melakukan serangan terhadap pasukan sendiri hingga menimbulkan sejumlah korban tewas.

Sebuah rekaman video berdurasi 8 menit yang diunggah di YouTube hari Selasa (20/5) menunjukkan helikopter-helikopter Mi-24 menembaki pos militer Ukraina di Volnovakha, Provinsi Donetsk. Waktu pengunggahan hanya berselang beberapa jam dari peristiwa sebenarnya dan menambah validitas video tersebut.

Dalam video tersebut awalnya memperlihatkan sekelompok pasukan Ukraina di sebuah pos penjagaan terlibat tembak-menembak dengan milisi pro-Rusia yang menyerang dari balik pepohonan. Kemudian muncul 2 helikopter serbu Mi-24 melakukan penembakan dengan senjata mesinnya ke lokasi persembunyian milisi. Namun kemudian secara tiba-tiba helikoptere tersebut pos penjagaan Ukraina.

“Apa yang mereka lakukan?” suara seorang prajurit Ukraina.
“Apa mereka pihak kita atau musuh?” tanya prajurit lainnya.

Para prajurit pun berlarian meninggalkan pos penjagaan yang terbakar. Namun kameraman yang dipastikan adalah bagian dari prajurit Ukraina tetap mengarahkan kameranya ke arah helikopter sambil berlarian.

Beberapa menit kemudian kamera berhenti pada satu tempat persembunyian dan mengarah pada seorang prajurit yang berbicara dengan ponselnya.

“Siapa mereka yang menembaki kami? Ada beberapa warga sipil dan  tentara kita di san. Apa kamu punya kontak dengan satuan penerbangan AD?” kata prajurit tersebut.

“Dua Mi-24 dan satu Mi-8 menyerang pos kami. Ada beberapa mayat di sana. Ada beberapa kendaraaan lapis baja yang terbakar juga. Kami kira heli-heli itu akan mengangkut mayat, ternyata mereka menembaki kami.”

Dalam setiap pertempuran, sering terjadi kesalah-pahaman seperti itu yang berujung maut. Diduga pilot-pilot helikopter tersebut menyangka pos penjagaan telah dikuasai milisi anti Ukraina.

Sebagaimana telah diberitakan berbagai media termasuk LipuanIslam, serangan di pos penjagaan di Volnovakha beberapa hari lalu telah menewaskan 11 tentara Ukraina. Meski sumber-sumber lain menyebutkan angkanya mencapai 15 atau 15 orang. Sebagian korban itu adalah korban salah tembak helikopter Ukraina.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL