vietanamHanoi, LiputanIslam.com — Sebuah helikopter militer Vietnam jatuh di luar kota Hanoi, Senin (7/7) mengakibatkan 16 orang tewas dan 5 orang mengalami luka-luka. Demikian keterangan para pejabat setempat.

Helikopter MI-171 yang tengah dalam misi latihan itu jatuh di sebuah desa di distrik Thach That, demikian laporan BBC.

Letnan Jendral Vo Van Tuan, Wakil Kastaf Gabungan Vietnam mengatakan kepada BBC bahwa helikopter tersebut jatuh karena kesalahan teknis. Semua korban adalah personil militer.

“Prioritas kami sekarang adalah terhadap 5 korban terluka yang berada pada kondisi serius,” kata Vo Van Tuan.

Para saksi mengatakan bahwa helikopter tersebut mengalami kesulitan terbang sebelum terjatuh dan terbakar.

“Helikopter itu terbang rendah, menabrak tanah dan meledak secara bersamaan,” kata seorang penduduk kepada kantor berita AFP.

“Tampaknya sang pilot berusaha mengalihkan helikopter daripada menabrak rumah atau pasar, hingga kemudian jatuh di tanah lapang,” tambahnya.

Sebagaimana peralatan militer Vietnam lainnya, helikopter yang jatuh tersebut adalah alutsita buatan Rusia yang sudah tua. Banyak kecelakaan terjadi karena faktor tersebut.

Sebuah pesawat tempur MIG-21 jatuh 4 tahun lalu, meski pilotnya berhasil meloncat. Namun nasib berbeda menimpa 5 pilot militer yang tewas dalam insiden tahun 2008 di luar Hanoi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL