Jakarta, LiputanIslam.com—Suasana menjelang Kongres Partai Amanat Nasional 28 Februari – 3 Maret 2015 semakin memanas. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) silih berganti menyatakan dukungan pada salah satu calon, Hatta Radjasa atau Zulkifli Hasan. Pada hari Minggu (11/1), DPW PAN Papua menyatakan dukungannya pada Hatta.
“‎Dari Papua ada 31 pemilik suara PAN. Masing-masing 2 suara dari DPW dan 29 suara DPD kabupaten/kota. Kami serahkan pernyataan dukungan itu kepada Pak Hatta,” kata Ketua DPW PAN Papua, Abock Busup dalam konsolidasi di Denpasar, seperti dikutip Detikcom (11/1/2015).

Abock‎ mengatakan Hatta Rajasa merupakan sosok yang tepat untuk memimpin PAN lima tahun ke depan, dan sudah ada 24 DPW PAN yang mendukung Hatta Rajasa. Di antara beberapa rekam jejak positif Hatta Rajasa menurutnya berpengalaman di pemerintahan selama 14 tahun.

Kubu pro-Hatta menyatakan telah mengantongi dukungan dari 26 DPW. Sementara itu, kubu Zulkifli Hasan menyatakan telah didukung oleh 33 DPW. Padahal, jumlah DPW PAN se-Indonesia hanya ada 34.
Persaingan antara Hatta dan Zulkifli muncul setelah Amien Rais secara terbuka menghendaki agar Hatta tidak maju dalam pemilihan Ketua Umum PAN. Menurut Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) ini, jika Hatta Rajasa kembali menjadi ketua umum untuk periode lima tahun ke depan, PAN tidak akan berubah. Amien lebih memilih besannya, Zulkifli Hasan, yang saat ini menjabat sebagai Ketua MPR.

“Antara Hatta dan Zulkifli, kan dipilih cuma satu saja. Kalau Hatta lagi enggak ada change (perubahan). Kalau Zulkifli, (PAN) maju ada pembaharuan,” kata Amien di Rumah PAN, seperti dikutip sindonews (7/1). (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*