mandarin-oriental-jakartaYogyakarta, LiputanIslam.com — Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia tergolong kota dengan biaya hidup yang tinggi, bahkan cenderung lebih mahal dari Bangkok, Hong Kong dan New York apabila dibandingkan dengan gaji rata-rata masyarakat Indonesia.

“Bahkan harga secangkir Hot Cappucino Grande Starbucks di Jakarta adalah 2.88 dolar AS (sekitar Rp34 ribu) lebih murah 35 persen dibandingkan dengan harga secangkir kopi di ibukota negara tetangga yakni Bangkok,” kata Domy Halim dari Country Manager Ipsos Business Consulting Indonesia, dalam rilisnya kepada media, Jumat (18/4).

Padahal gaji rata-rata masyarakat Thailand $469, sedangkan gaji rata-rata masyarakat Indonesia hanya $258. Demikian pula apabila dibandingkan dengan Hongkong, meskipun  harga kopi di Hongkong sebesar $4,38, tetapi gaji mereka rata-rata $1.545. Sehingga harga kopi di Hongkong hanya menghabiskan 0,28 persen dari gaji masyarakat Hongkong. Sedangkan harga kopi di Jakarta menghabiskan 1,12 persen dari gaji rata-rata penduduk Indonesia.

“Jadi  setelah memperhitungkan faktor gaji, harga secangkir kopi di Jakarta relatif lebih mahal 75 persen daripada harga secangkir kopi di Hongkong,” ungkap Domy.

Dari survei yang dilakukan IBC akhir Februari 2014 juga menunjukkan dengan fasilitas internet broadband  di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga di kota-kota lain. Paket internet broadband terbaik di Jakarta memiliki kapasitas kecepatan download 100 Mbps dengan harga $252.46 (sekitar Rp 2.979.000), sedangkan di Hong Kong dengan kemampuan 10 kali lipat lebih cepat (1.000 Mbps), harganya 3 kali lipat lebih murah yaitu $77.06.

Standar hidup yang mahal di Jakarta terlihat juga pada produk-produk lain seperti harga semalam menginap di hotel Four Seasons, ayam goreng KFC, kemeja Zara Women, smart phone Samsung S4 atau harga setahun gym membership. Padahal penghasilan masyarakat Jakarta relatif lebih kecil dibandingkan dengan penduduk di kota-kota besar di negara lain seperti HongKong, New York, London atau Sydney.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL