LiputanIslam.com – Sampai saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan rekapitulasi real count secara berkala. Hasil hitungan sementara KPU hingga pukul 05.45 WIB menunjukksn bahwa Jokowi-Ma’ruf memperoleh suara 54,72 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh suara 45,28 persen.

Perolehan sementara tersebut berdasarkan data yang sudah masuk sebesar 4,5 persen, baru memuat 37.094 dari 813.350 total TPS di seluruh Indonesia.

Melalui siaran online website resmi KPU di laman pemilu2019.kpu.go.id, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 3.867.044 suara, sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 3.200.013 suara.

Real count KPU menggunakan hasil pindai form C1 yang mencatat hasil pemungutan suara di setiap TPS. Rencananya KPU akan mengumumkan hasil resmi pada tanggal 22 Mei mendatang.

KPU pun menghimbau kedua kubu untuk tidak membuat panas situasi dengan klaim kemenangan masing-masing. KPU menyarankan untuk menyudahi klaim kemenangan dan menunggu hasil resmi KPU.

“Klaim dari masing-masing pihak disudahi, silahkan menunggu proses penghitungan KPU,” ucap Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Jumat (19/4). (Ayu/CNN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*