Sumber: liputanislam.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Agama (Balitbang Kemenag) melakukan penelitian terkait minat dan proses anak muda muslim belajar agama. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan kalangan muda lebih tertarik mengikuti kajian atau belajar agama melalui internet dan media sosial (medsos).

Hasil penelitian menyebutkan, 90.9 persen dari 400 mahasiswa menyatakan lebih suka memperoleh informasi keagamaan dari video-video ceramah di internet. Sedangkan koran atau artikel cetak merupakan sumber literasi yang paling jarang dipilih mahasiswa.

Seperti dilansir republika.co.id Jakarta pada Selasa (9/7), Ketua Balitbang Kemenag, Rahman Mas’ud mengatakan bahwa penelitian tersebut mengungkap realitas belajar anak muda sekarang ini. Penelitian dilakukan di empat PTKIN, yaitu UIN Jakarta, UIN Bandung, UIN Banten dan IAIN Cirebon.

“Riset ini memberi gambaran bahwa ada perubahan dalam aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa,” ujarnya.

Baca: AMBO Bengkulu Ajak Kalangan Milenial Bijak Bermedsos

Sementara beberapa waktu lalu, Direktur CSRC UIN Jakarta Irfan Abubakar menyebutkan bahwa anak muda sekarang ini tidak lagi tertarik dengan konten dakwah yang disampaikan di masjid.

“Sebagian besarnya itu karena topik yang diangkat dan cara mengangkatnya, cara membahasnya di masjid itu membosankan buat anak-anak milenial. Tidak menyentuh kebutuhan mereka,” jelasnya. (aw/republika/asumsi).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*