harimau ditembak di indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Seekor harimau pemangsa manusia berhasil ditembak mati oleh aparat keamanan di negara bagian Kerala, India, Rabu (18/2). Harimau tersebut ditembak ketika berusaha menyerang petugas keamanan. Demikian pejabat setempat menyebutkan.

Seperti dilansir BBC News, Kamis (19/2) petang, harimau yang diperkirakan berumur 10 sampai 12 tahun itu diketahui telah memangsa seorang pria dan seorang wanita dan melukai seorang lainnya di negara bagian Tamil Nadu, minggu lalu, sebelum berpindah ke Kerala. Harimau ini ditembak di hutan Gudalur di perbatasan kedua negara bagian itu, Rabu petang.

India adalah negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 2.226 ekor pada tahun 2014, naik dari angka 1.706 di tahun 2011. Tahun lalu sekitar 20 orang tewas dimangsa harimau di India, BBC menyebutkan.

Otoritas keamanan Kerala telah mengerahkan 160 petugas keamanan untuk memburu harimau itu dan berhasil menemukannya di hutan Gudalur saat memburu rusa, hari Rabu siang. Harimau itu ditembak ketika berusaha menyerang petugas.

Keberadaan harimau pemangsa tersebut telah menimbulkan keresahan publik dimana dimana warga menyerang kantor-kantor pemerintah yang dianggap gagal memberikan perlindungan, dan mengancam akan memburu binatang yang dilindungi itu.

Pada tahun 1907 pemburu terkenal Jim Corbett berhasil menembak mati Harimau Champawat yang telah memangsa 436 orang di sekitar perbatasan Nepal-India. Ini adalah binatang pemangsa manusia dengan jumlah korban terbesar di dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL