harimau indiaMaharashtra. LiputanIslam.com — Otoritas kehutanan India mengklaim berhasil menembak mati seekor harimau yang telah membunuh 7 orang dalam jangka waktu 6 bulan terakhir di kawasan hutan Chandrapur di Provinsi Maharashtra, India barat.

Ini adalah harimau ketiga yang ditembak mati karena membunuh manusia di arena tersebut sejak tahun 2007. Demikian laporan BBC News, Rabu (20/8), mengutip keterangan pejabat kehutanan setempat.

India adalah negara dengan populasi harimau terbesar di dunia dan negara dengan korban manusia tewas oleh serangan harimau terbesar di dunia. Tahun ini saja telah 17 orang tewas akibat serangan harimau di seluruh wilayah India.

Otoritas daerah telah membentuk 3 tim pemburu untuk melacak dan menembak harimau yang disebut sebagai “pemakan manusia” tersebut. Harimau tersebut akhirnya berhasil ditembak mati hari Selasa malam (19/8) di hutan Chandrapur, tempat tinggal sekitar 100 harimau Benggala.

“Insiden konflik manusia-harimau yang meningkat di area ini telah meningkatkan tekanan kepada kami selama 6 bulan terakhir. Menimbang keselamatan warga, kami pun telah mengeluarkan perintah untuk menembak binatang itu,” kata kepala kehutanan Maharashtra Sarjan Bhagat kepada BBC Hindi.

Sebelumnya pada tahun 2007, 2 ekor harimau yang dipercaya telah membunuh 9 orang di area tersebut juga telah ditembak mati.

Saat ini diperkirakana terdapat sekitar 1.700 ekor harimau di India. Seabad yang lalu jumlahnya bahkan diperkirakan mencapai 100.000 ekor, namun menyusut dengan cepat seiring perkembangan jumlah manusia yang menggusur habitat para harimau.

Kasus harimau menyerang manusia sebagai mangsa adalah sangat jarang. Namun dengan adanya serangkaian serangan harimau terhadap manusia mengindikasikan sebagian harimau itu telah berubah sifat menjadi pemakan manusia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL