muslim new yorkNew York, LiputanIslam.com — Walikota New York Bill de Blasio, hari Rabu lalu (4/3) mengumumkan hari raya Islam Idhul Fitri dan Idhul Adha menjadi hari libur resmi. Ia menyebut hal itu sebagai ‘sebuah perubahan yang menghargai keragaman’.

Seperti dilaporkan media AS WCBS 2, pengumuman itu menjadi pembuktian janji de Blassio, walikota kulit putih yang beristrikan wanita kulit hitam, untuk menjadikan hari raya Islam sebagai hari libur resmi.

Pada tahun 2008 Dewan Kota New York telah menyetujui untuk menjadikan hari raya Islam sebagai hari libur resmi, namun Walikota Bloomberg yang menjabat saat itu menolaknya dengan alasan akan membuat sekolah-sekolah terlalu sering diliburkan dan membuatnya kosong.

“Jika kita tutup sekolah-sekolah setiap hari, tidak akan ada lagi sekolahan,” kata Bloomberg kala itu.

Sebelumnya pada tahun ini, Gubernur Negara Bagian New York Andrew Cuomo menandatangani undang-undang baru yang mengijinkan dewan-dewan sekolah lokal untuk menjadikan tahun baru Cina sebagai hari libur. Namun hingga kini hal itu belum diterapkan di sekolah-sekolah di New York.

Menyusul pengumuman hari libur Islam itu, anggota Dewan Kota New York Margaret Chin mengatakan, “Saya akan terus mendiskusikan masalah ini dengan Walikota de Blasio dan staffnya, dan saya akan melakukan segalanya untuk memperjuangkan tahun baru Cina sebagai hari libur resmi pada tahun 2016 dan seterusnya.”

Linda Sarsour, Direktur Ekskutif Arab American Association of New York memposting status di akun Facebook, “BREAKING NEWS: Kita melakukannya. Hari ini Walikota Bill De Blasio bersama komunitas Muslim Amerika akan mengumumkan penambahan resmi Hari Idhul Fitri dan Idhul Adha dalam daftar hari libur resmi, sebuah perubahan yang menghormati keberagaman kota kita.”

“Terima kasih New York City yang telah membuat saya semakin bangga sebagai warga New York. Terima kasih Allah telah mengijinkan saya dan teman-teman untuk melihat buah perjuangan kami,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*