Modi_sharif_handshake360New Delhi, LiputanIslam.com — Hari pertama perdana menteri baru India Narendra Modi berdinas usai dilantik, Senin (26/5), diisi dengan pertemuan dengan PM Pakistan Nawaz Sharif. Keduanya membahas masalah keamanan kawasan selain hubungan bilateral kedua negara.

Kedua pemimpin negara nuklir tersebut berjabatan tangan dan tersenyum kepada media, sebelum masuk ke dalam ruangan untuk melakukan pembicaraan tertutup. Demikian seperti dilansir CNN, Selasa (27/5).

Nawaz Sharif yang menjadi perdana menteri pertama Pakistan yang menghadiri pelantikan perdana menteri India mengatakan bahwa kedua negara harus menghilangkan sejarah ketidaksaling percayaan dan bekerjasama untuk perdamaian dan stabilitas.

Sementara itu Modi mendesak Pakistan untuk melakukan langkah lebih tegas terhadap kelompok-kelompok militan di Pakistan serta mempercepat proses hukum terhadap tersangka serarangan teroris di Mumbai tahun 2008.

Bagaimana pun kunjungan perdana menteri Pakistan di India mengundang perhatian publik tidak saja di kedua negara, namun dunia internasional, mengingat keduanya adalah negara besar di kawasan. Kedua negara berkekuatan nuklir ini telah 3 kali terlibat perang besar sejak merdeka.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk menormalisasi hubungan perdagangan kedua negara dan sepakat untuk merealisasikannya dalam pertemuan menteri luar negeri kedua negara segera.

Dalam pernyataan pers singkatnya usai pertemuan, Sharif menyebut pertemuan tersebut sebagai “baik dan konstruktif” dan dalam “suasana bersahabat”.

“Kami sepakata bahwa pertemuan kami di Delhi harus menjadi kesempatan yang bersejarah bagi kedua negara,” kata Sharif.

Modi sendiri masih dipandang sebagai sosok yang “berbahaya” oleh sebagian warga Pakistan karena keterlibatannya dalam aksi kerusuhan anti-muslim di Gujarat tahun 2002 saat ia menjadi gubernur negara bagian itu. Namun secara mengejutkan Modi mengundang Sharif untuk menghadiri pelantikannya dan mengadakan pembicaraan bilateral.

Selain Nawaz Sharif, Presiden Afghanistan Hamid Karzai juga hadir dalam pelantikan Modi dan terlibat pembicaraan bilateral dengannya.(ca/bbc/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL