data satelitKualalumpur, LiputanIslam.com — Malaysia hari ini (27/5) akan merilis data satelit pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang secara misterius bersama ratusan penumpangnya tanggal 8 Maret lalu.

Demikian pernyataan Menteri Transporatasi Malaysia Hishammuddin Hussein kepada CNN, saat mengunjungi terminal udara baru Kuala Lumpur International Airport, kemarin (26/5).

Keluarga korban MH370 telah lama menuntut pemerintah Malaysia untuk merilis data mentah satelit untuk menjelaskan mengapa pencarian pesawat MH370 tersebut tidak berhasil meski telah berjalan selama lebih dari 2 bulan.

Hilangnya MH370 bersama penumpang dan awaknya telah menjadi kecelakaan pesawat paling misterius sepanjang sejarah.

Sebelumnya sempat terjadi silang pendapat antara pemerintah Malaysia, pusat pencarian pesawat MH370 di Australia dan perusahaan operator satelit yang berbasis di Inggris Inmarsat. Perusahaan ini menyatakan telah menyerahkan data mentah satelit kepada pemerintah Malaysia dan tim pencari, namun kedua pihak tersebut membantahnya.

Namun minggu lalu pemerintah Malaysia dan Immarsat menyatakan akan berusaha menyediakan data tersebut ke publik.

“Terkait dengan komitmen kami terhadap keterbukaan, seluruh pihak terkait kini bekerjasama untuk menyediakan data komunikasi dan deskripsi teknis dari analisisnya kepada publik,” demikian pernyataan bersama Inmarsat otoritas penerbangan Malaysia.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL