pengungsi sinabung (foto: Kompas)

pengungsi sinabung (foto: Kompas)

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini Rabu (29/10) dijadwalkan memulai blusukan perdananya ke Gunung Sinabung, Sumatera Utara (Sumut). Jokowi rencananya akan berangkat dari Jakarta pukul 07.00 pagi ini. Namun di Karo, sejumlah spanduk protes sudah menantinya.

Seperti dilansir okezone, spanduk protes itu terpampang di sudut-sudut sepanjang Jalan Jamin Ginting mulai dari Medan menuju Kabupaten Karo, sejak pukul 02.00 dini hari ini. Spanduk sederhana berbahan kain Putih dengan cat merah bertuliskan “Lae Jokowi Rombak Kabinet atau Lae Turun saja” terdapat di setiap tikungan menuju Kabupaten Karo.

Sebelumnya memang telah muncul suara kekecewaan dari beberapa pihak perihal susunan kabinet Jokowi yang tidak menyertakan wakil suku Batak. Dewan Relawan Jokowi-JK Sumatera Utara misalnya, dalam press release-nya mengatakan, Sumatera Utara menyumbang suara sebanyak 3.494.835 atau 55,24% bagi kemenangan Jokowi pada Pilpres 9 Juli 2014 lalu dan menjadi peringkat keempat secara nasional.

Dengan kemenangan itu, mereka berharap Jokowi melibatkan putra-putra daerah di Kabinet Kerja.

“Namun, dalam pengumuman formasi menteri yang dikeluarkan oleh Jokowi Minggu sore  hanya menempatkan satu orang putra daerah Sumatera Utara, yaitu Yasona Laoly, sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia,” kata Ketua Dewan Relawan Jokowi-JK, Ranto Sibarani, seperti dikutip sindonews.

Menurut para relawan itu, banyak putra-putra daerah Sumatera Utara telah banyak bekerja untuk Jokowi. Misalnya, Maruarar Sirait, Luhut Panjaitan, Trimedya Panjaitan, Mukhtar Pakpahan, atau Sihar Sitorus, yang layak diakomodasi menjadi menteri.

Dalam kunjungannya ke Karo, Jokowi akan mengenalkan sekaligus memberikan tabungan elektronik kepada pengungsi Sinabung. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL