CHINA-RUSSIA-JOINT NAVAL EXERCISE-END (CN)Shanghai, LiputanIslam.com — AL Cina dan Rusia hari ini akan memulai latihan perang bersama di Laut Cina dengan kode “Joint Sea-2014″. Latihan perang ini akan berlangsung hingga tanggal 26 Mei mendatang di tengah-tengah ketegangan Cina dengan Vietnam atas sengketa Kepulauan Paracel di Laut Cina.

Armada AL Rusia sebelumnya telah tiba di pelabuhan Shanghai, hari Minggu (18/5) setelah berlayar dari pangkalan Armada Pasifik Rusia di Vladivostok, Siberia. Armada Rusia ini terdiri dari 6 kapal perang dan kapal pendukung: kapal jelajah peluru kendali Varyag, destroyer anti kapal selam Admiral Panteleyev, kapal pendarat pasukan Admiral Nevelskoy, destroyer Bystry, tanker Ilim dan kapal tug Kalar. Varyag merupakan kapal perang terbesar Armada Pasifik Rusia.

Cina juga menyertakan 6 kapal perang dalam latihan ini, namun pada puncak latihan tangal 22-25 Mei, jumlah kapal perang yang terlibat mencapai 14 kapal, 2 kapal selam, 9 pesawat tempur, 6 helikopter dan 2 detasemen marinir dari kedua negara.

Semua kapal yang terlibat dalam latihan perang kini berada di pangkalan AL Usun di Shanghai.

Satu delegasi perwira AL Rusia telah bergabung dengan kolega mereka dari Cina untuk membicarakan rencana latihan.

Perwira tinggi AL Cina Vice Admiral Tian Zhong mengatakan kepada wartawan bahwa perbedaan terbesar dalam latihan perang tersebut adalah sulitnya melakukan koordinasi dan operasi bersama antar kapal perang kedua negara.

Untuk pertama kalinya para pelaut Rusia dan Cina akan melakukan satu operasi gabungan yang terdiri dari kapal-kapal kedua negara, melakukan tembakan-tembakan rudal dan artileri bersama atas target-target dalam berbagai jarak serta melakukan operasi anti-kapal selam.

“Pangalaman yang terakumulasi akan memungkinkan kami meningkatkan kemungkinan melakukan aksi bersama antara 2 armada dalam skala besar,” kata pejabat tinggi AL Cina itu.

Sebelumnya, para awak kapal kedua negara saling berkunjung ke kapal masing-masing untuk mempelajari berbagai peralatan militer kedua negara. Pada hari Senin (19/5) para perwira kedua negara menggelar resepsi di atas kapal Varyag.(ca/cnn/china daily)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL