MPR_-_DPR_RI_84Jakarta, LiputanIslam.com–Rakyat Indonesia hari ini kemungkinan akan kembali ‘disuguhi’ pertarungan antara dua kubu partai politik dalam memperebutkan kursi kepemimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat. Koalisi Merah Putih (KMP) menyatakan telah membuat paket kursi pimpinan MPR yang akan diisi oleh empat partai politik dan satu dari unsur DPD. Sementara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla menyatakan bakal memproyeksikan tokoh DPD untuk me‎njadi Ketua MPR.

“Nama-nama belum bisa diumumkan. Begitu juga parpol. Yang jelas dari unsur KMP. Yang tidak masuk ya harus legowo menerima. Siapa parpol dan orangnya? Nanti akan ketahuan pada hari Senin,” kata Juru Bicara KMP, Tantowi Yahya, seperti dikutip Vivanews (5/10).

“Kita membicarakan desain dulu, dengan menempatkan DPD menjadi Ketua MPR,” kata Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor Transisi, Jl Situbondo, Menteng, seperti dikutip Detikcom (5/10).

KIH memproyeksikan berbagi jabatan Pimpinan MPR bersama DPD dan KMP. Menurut Sekretaris Fraksi Hanura Saleh Husin, formula Pimpinan MPR yang diinginkan koalisinya adalah dua dari KIH dan dua dari KMP, sementara posisi Ketua MPR diserahkan ke DPD.

Sementara itu, cukup santer diberitakan bahwa Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf‎ diproyeksikan Koalisi Merah Putih menjadi Ketua MPR. Meski Nurhayati dan Waketum Demokrat Max Sopacua tak mengafirmasi kabar ini, namun politisi PKS sempat mengucapkan pernyataan yang senada dengan kabar ini.

“Jatah Ketua MPR memang untuk Partai Demokrat. Ya kalau PD menunjuk beliau (Nurhayati), koalisi tidak punya ruang untuk menolak,” kata Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid.

Selain itu, nasib PPP juga masih menjadi tanda tanya. Dalam sidang paripurna DPR 1 Oktober lalu, PPP tidak mendapatkan jatah kursi pimpinan DPR dalam paket KMP.  Hal ini membuka peluang bagi  PDIP untuk mendekati PPP agar bersama-sama menempati kursi Pimpinan MPR.

Siang ini (6/10) akan dilangsungkan rapat konsultasi pimpinan MPR dan pemilihan dilakukan pukul 19.00 WIB .(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL