LiputanIslam.com-Dalam rangka memperingati hari anak nasional 2019, Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggiatkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) terhadap anak sebagai upaya meningkatkan kapasitas orang tua dalam pengasuhan terhadap anak usia dini.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan dalam rangka Hari Anak Nasional 2019 sekaligus melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku atau Gernas Baku,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko disela kegiatan itu di Bantul, Sabtu (27/7).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 380 peserta yang terdiri dari para siswa dan guru pendamping satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) formal dan PAUD nonformal dari perwakilan masing-masing kecamatan sekabupaten Bantul.

Baca juga: 6 Manfaat Baca Buku Beberapa Menit dalam Sehari

Kegiatan Gernas Buku merupakan tindaklanjut dari Surat Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud tentang dukungan kegiatan Gernas Baku 2019 itu bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter anak dan orang tua.

“Kegiatan ini kaitannya dengan penanaman karakter, kalau dulu atau zaman kecil saya sering kalau mau tidur didongengkan oleh bapak maupun orang tua, tapi sekarang hal ini sudah mulai luntur. Makanya dimulai lagi, dan dari Dirjen punya kebijakan dalam rangka penumbuhan budi pekerti anak,” katanya.

Pihak pemkab berupaya agar gerakan tersebut menjadi gerakan nasional serentak se-Indonesia.

Di lokasi lain, Jakarta, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Harris Iskandar mengajak para orang tua agar membudayakan kebiasaan membacakan pada anak sejak dini untuk melawan pengaruh buruk gawai.

“Gerakan Orang Tua Membacakan Buku bagi anaknya ini adalah praktek baik di kalangan keluarga, kami ingin seluruh keluarga Indonesia. Karena praktik baik ini akan menumbuhkan anak pada cinta buku, akan memudahkan juga bagi kita dalam menumbuhkembangkan karakter-karakter baik melalui tokoh-tokoh dalam cerita,” kata Dirjen Harris dalam pencanangan Gernas Baku di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, Sabtu. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*