Sumber: liputan6.com

LiputanIslam.com— Penumpang pesawat rute domestik mengalami penurunan yang signifikan sejak harga tiket pesawat naik.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penumpang pesawat terbang rute domestik pada Februari 2019 sebanyak 5,63 juta, merosot 15,46 persen dibandingkan Januari sebanyak 6,67 juta penumpang. Penurunan yang paling besar terjadi Bandara Kualanamu, Medan. Pada Februari, penumpang rute domestik di Kualanamu hanya 198,9 ribu orang atau menurun 29,17 persen dibanding Januari 280,8 ribu orang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengafirmasi bahwa ada penurunan jumlah penumpang pesawat setelah harga tiket naik, khususnya rute-rute domestik yang jarak tempuhnya dekat.

“Untuk rute-rute dekat seperti Jakarta-Jogja itu mengalami penurunan, tapi tergantung kalau lagi libur atau Lebaran mungkin tidak terpengaruh, kalau low season itu cukup menurun,” kata dia, di Palangkaraya, Senin (8/4).

Awaluddin menyebutkan ada dua faktor yang menyebabkan penurunan penumpang, yaitu adanya alternatif moda untuk rute dekat dan kesiapan operasional dari maskapai.

“Contohnya seperti Lion, ada 10 pesawat yang digrounded dan itu pasti berpengaruh,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menunggu pihak maskapai untuk selesai evaluasi tarif tiketnya.

“Ya kita tunggu lagi, kita masih beritahu ke airlines. Saya belum tau berita terakhir, saya enggak bisa komentar,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pemerintah telah melakukan komunikasi dengan pihak maskapai terkait penurunan harga tiket pesawat. Akan tetapi, pemerintah tidak dalam posisi ‘menekan’ maskapai untuk menurunkan harga tiket.

Dia menilai, imbauan penurunan harga tiket ini berdasarkan pada kondisi pasar yang didukung oleh penurunan harga avtur, harga tiket pesawat sudah selayaknya diturunkan.

“Kita tidak mendikte perusahaan-perusahaan itu. Jangan salah. Mereka kita sudah beri tahu hey ini sudah turun turun, avtur turun,” ujarnya. (sh/tribunnews/liputan6.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*