rigLondon, LiputanIslam.com — Harga minyak mentah dunia jenis Brent telah menembus angka di bawah $50 per-barrel untuk pertama kalinya sejak tahun 2009.

Sebagaimana dilansir BBC News, Rabu (7/1), harga minyak mentah Brent terjun ke angka $49.92 per-barrel pada awal perdagangan hari Rabu sebelum kembali naik kembali sedikit di atas $50.

Melemahnya pertumbuhan ekonomi dunia ditambah meningkatnya suplai minyak dunia dari AS (shale gas) telah mendorong harga minyak mentah dunia terus menurut dalam beberapa bulan terakhir. Jenis minyak asal AS, West Texas Intermediate, telah terlebih dahulu turun di bawah angka $50 per-barrel.

Para pengamat memperkirakan harga minyak akan terus menurun seiring semakin banyaknya suplai shale gas dari AS dan Kanada, apalagi dengan penolakan OPEC untuk menurunkan jumlah produksinya. Namun meski kebanyakan masyarakat konsumen dan dunia bisnis menyambut positif turunnya harga minyak, beberapa negara produsen minyak seperti Venezuela dan Rusia mengalami kesulitan serius karena berkurangnya pendapatan mereka.

Shale gas adalah kandungan minyak bumi yang terperangkap di dalam batu-batuan. Sampai saat ini hanya AS, Kanada dan Cina yang telah memproduksi minyak jenis ini dan AS sebagai produsen terbesarnya dengan jumlah produksi mencapai 26 miliar kaki kubik.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*