feature_oilLondon, LiputanIslam.com — Harga minyak dunia masih terus merosot. Jika minggu lalu angkanya menembus di bawah $50 per-barrel dan menjadi tingkat harga terendah sejak tahun 2009, maka minggu ini angkanya sudah berada di bawah $45 per-barrel.

Sebagaimana dilansir Russia Today, Selasa (13/1), harga minyak mentah jenis Brent yang diperdagangkan di bursa London hari Selasa mengalami penurunan 2,64% ke tingkat $46.12 per-barrel. Sementara jenis minyak mentah WTI mengalami penurunan 2,41% menjadi $44,96 per-barrel.

Diperkirakan harga minyak dunia bahkan masih akan terus merosot. Menurut prediksi Goldman Sachs, Senin (12/1), harga minyak mentah dunia akan turun hingga di bawah $40 per-barrel tahun ini seiring semakin tingginya produksi minyak shale dari AS.

Menteri Perminyakan Uni Emirat Arab Suhail Mohammed Faraj Al Mazroui dalam keterangan, Selasa (13/1), mengatakan bahwa OPEC tidak lagi memiliki kemampuan lagi untuk mengendalikan harga minyak.

“OPEC tidak bisa terus menjaga harga pada tingkat tertentu. Ini bukan satu-satunya tujuan OPEC,” katanya pada sebuah pertemuan negara-negara Teluk Parsi di Abu Dhabi.

“Kami peduli dengan keseimbangan pasar, namun kami tidak bisa menjadi satu-satunya pihak yang bertanggungjawab atas masalah ini,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*