Sumber: agrowindo.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Haryo Soekartono mengaku telah menerima laporan terkait rendahnya harga jual ayam di tingkat peternak.

Untuk itu, Bambang meminta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk memperhatikan kondisi harga pangan khususnya ayam.

“Saya tadi sampaikan ke WA bapak ada harga pangan ayam, dari peternak Rp 7 ribu diterima, tapi dijual di pasar dengan harga Rp 29 ribu,” kata Bambang Selasa (25/6).

Baca: Harga Ayam Anjok, Peternak Gulung Tikar

Dia juga meminta agar pemerintah bisa memberantas kartel pangan agar harga pangan bisa kembali stabil.

“Jadi kartel pangan itu harus dihilangkan semua pak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Peternak Layer Nasional, Ki Musbar Mesdi menilai, untuk mengatasi persoalan ini diperlukan kordinasi antar kementerian dan lembaga pemerintah yang tepat, seperti Kordinasi antara Kementerian Pertanian, Kemendag, Satgas Pangan, dan Bulog.

“Kalau hanya meminta perusahaan peternakan besar menyerap semuanya, menurut saya, mereka pun cold storage-nya sudah kepenuhan,” ujarnya.

Sekjen Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) Sugeng Wahyudi berharap pemerintah bisa segera mengatasi masalah tersebut. Sebab, kondisi ini sangat memukul peternak.

Sugeng menyebutkan, harga ayam ras di tingkat peternak bahkan pernah mencapai Rp 6.000 per kg hingga Rp 7.000 per kg. Sementara harga ayam di tingkat konsumen sudah mencapai Rp 35.000 per kg.

Dia menyampaikan, anjloknya harga jual ayam ras sudah terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelum Lebaran dan di Jawa Barat sesudah lebaran. Bahkan, tidak sedikit dari peternak yang sudah gulung tikar. (sh/liputan6/kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*