mall ikanBangkok, LiputanIslam.com — Di tengah-tengah krisis politik yang menjadi pemberitaan media massa dunia, Bangkok menyimpan sebuah keanehan yang menarik perhatian para turis. Sebuah mall berubah menjadi kolam ikan liar.

Sebagaimana dilaporkan CNN baru-baru ini, lantai dasar New World Mall yang terbengkalai selama hampir 20 tahun, kini berubah menjadi kolam ikan liar yang menarik perhatian banyak pengunjung setiap harinya. Para turis dengan riang melemparkan pakan ikan yang dijual oleh penduduk lokal di sekitar lokasi.

Dibangun tahun 1982, mall New World hanya bertahan selama 15 tahun sebelum masalah hukum menjerat mall tersebut. Pada tahun 1987 pemerintah kota Bangkok memaksa penghancuran 7 lantai teratas gedung tersebut setelah diketahui ijin yang diberikan hanya untuk gedung berlantai 4. Tidak hanya itu, kebakaran juga menimpa mall tersebut pada tahun 1999 hingga memaksa bangunan mall itu tanpa atap.

Hujan bertahun-tahun membuat air mengumpul di lantai dasar dan dengan segera menjadi sarang nyamuk. Untuk mencegah semakin banyak nyamuk, warga pun memasukkan ikan-ikan pemakan jentik nyamuk seperti ikan koi. Tidak lama kemudian sebuah eko sistem pun terbentuk di dalam mall yang terbengkalai tersebut dan menarik beberapa pengunjung.

Menurut penduduk setempat yang menjadi penjual pakan ikan, Jae Toom, awalnya jumlah pengunjung hanya 10 smapai 20 orang per-hari.

“Namun sejak fotonya beredar di Facebook minggu lalu, pengunjung menjadi bertambah banyak,” kata Toom.

Banyaknya aktifitas di lokasi tersebut ternyata membuat pemerintah kota Bangkok marah. Akhir Juni lalu pemerintah kota mendirikan barikade di sekeliling mall dan melarang warga untuk mendekatinya.

Sampai akhir bulan ini pemerintah akan menentukan apakah tempat tersebut masih aman bagi warga. Jika dianggap aman, sisa-sisa bangunan akan dihancurkan dan memindahkan ikan-ikan tersebut ke tempat lain.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL