penambang ukrainaDonetsk, LiputanIslam.com — Hampir 400 penambang batubara Ukraina terjebak di dalam lubang penambangan di wilayah yang dikuasai separatis. Para pejuang separatis mengatakan.

Sebanyak 390 penambang terjebak di dalam lubang penambangan dan tidak bisa keluar setelah lift yang digunakan di penambangan itu mengalami kerusakan akibat terkena serangan bom. Demikian kantor berita Donetsk News Agency seperti dikutip Press TV, Rabu (11/2) petang.

“Ada masalah dengan ventilasi udara, namun nyawa mereka tidak terancam,” kata seorang pejabat Donetsk tentang kondisi mereka. Namun ia belum bisa menyebutkan sampai kapan masalah kerusakan lift itu bisa diatasi.

Pemerintah Ukraina belum berkomentar tentang insiden ini. Penambangan batubara Zasyadko adalah salah satu penambangan batubara terbesar di Ukraina timur (Donbass) yang dikuasasi pemberontak. Lokasi penambangan ini di sebelah timur kota Donetsk.

Perhatian pemerintah yang dianggap kurang mengakibatkan kondisi keamanan sebagian besar penambangan di wilayah Ukraina timur sangat mengkhawatirkan. Pada tahun 2007, lebih dari 100 penambang tewas akibat terjadinya ledakan di penambangan ini.

Putin: Gencatan Senjata Segera Diberlakukan

Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (12/2) membuat pernyataan mengejutkan di sela-sela perundingan perdamaian Ukraina timur yang digelar di Minsk.

Menurut Putin, gencatan senjata akan diberlakukan dalam waktu beberapa hari mendatang. Hal ini bertolak belakang dengan pengakuan Presiden Ukraina Poroshenko sebelumnya bahwa Rusia telah mengajukan tuntutan yang tidak bisa diterima Ukraina.

Menurut Putin yang berada di Minsk bersama Presiden Perancis Francois Hollande, Kanselir Jerman Angle Merkel dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, semua pihak yang terlibat dalam perundingan telah sepakat pada beberapa point, termasuk penarikan senjata-senjata berat dari wilayah konflik.

Sebelumnya, sebagimana dilansir BBC News, Kamis (12/2), Presiden Poroshenko menyebut perundingan tidak berjalan baik. Ia menyebut Rusia telah mengajukan syarat yang tidak bisa diterimanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL