hamdanJakarta, LiputanIslam.com–Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva, dipastikan tercoret dari daftar nama calon hakim MK untuk periode mendatang. Ketua Panitia Seleksi Hakim MK, Saldi Isra, memastikan dicoretnya nama Hamdan Zoelva karena dia  menarik diri dari proses seleksi.

“Kami hanya memproses nama-nama yang ikut tahapan seleksi. Bagi yang tidak ikut, tentu namanya tidak akan masuk calon yang dilaporkan kepada presiden nanti,” kata Saldi seperti dikutip Tempo (23/12).

Saldi memastikan nama yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo ada di antara lima orang yang lolos seleksi wawancara. Mereka adalah I Dewa Gede Palguna (dosen Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Udayana), Imam Anshori Saleh (Komisioner Komisi Yudisial), Yuliandri (guru besar FH Universitas Andalas), Aidul Fitriaciada Azhari (dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta), dan Indra Perwira (dosen FH Universitas Padjadjaran). Lima nama ini terpilih dari 14 calon yang mengikuti seleksi wawancara tahap pertama.

Hamdan sebenarnya masuk dalam daftar 15 calon yang lolos seleksi administrasi. Akan tetapi, hakim MK itu menyurati Pansel dan menyatakan menarik diri dari proses seleksi. Alasannya, Hamdan merasa sudah diseleksi yang hasilnya menyatakan dirinya patut dan layak menjadi hakim konstitusi saat diangkat pada 5 Januari 2010.

Sebelumnya, Hamdan telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo, berkaitan dengan susunan panitia seleksi calon hakim konstitusi. Menurut Hamdan, surat yang dikirim melalui Sekretariat Negara itu tidak dimaksudkan untuk menolak atau keberatan terhadap susunan panitia seleksi.

Hamdan mengklaim surat itu ditujukan untuk menjaga independensi hakim konstitusi yang dipilih oleh Presiden. Sebab, dua anggota panitia seleksi, Refly Harun dan Todung Mulya Lubis, adalah konsultan hukum yang sering beperkara membela kliennya di MK.

Tahapan seleksi berikutnya akan dilanjutkan dengan tes kesehatan dan wawancara tahap kedua pada 29-30 Desember 2014. Keputusan satu nama yang diserahkan kepada presiden akan dirapatkan pada 4-5 Januari 2015. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL