Sumber: wartabatavia.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir memberikan apresiasi atas pernyataan Amien Rais yang mengajak semua pihak agar mempercayakan kepemimpinan Indonesia kepada Presiden Jokowi dalam lima tahun mendatang. Menurutnya, penyataan itu menunjukkan bahwa Amien Rais paham betul hakikat demokrasi.

“Pernyataan dan sikap Pak Amien Rais agar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf diberi kesempatan sambil diawasi secara demokratis menunjukkan jiwa kenegarawanan dan sikap reformis beliau yang paham betul tentang hakikat dan implementasi demokrasi,” katanya di Jakarta, pada Rabu (17/7).

Haedar berharap tidak ada pihak yang sinis terhadap pernyataan Amien Rais tersebut. “Kepada yang selama ini kontra maupun pendukung tokoh reformasi tersebut tentu harus menyikapinya secara objektif, bahwa demokrasi memang dinamis dan memerlukan visi yang luas. Jangan ada yang sinis atau tidak positif dalam menyikapi pernyataan tokoh PAN tersebut,” ujarnya.

“Para elite di negeri ini memang dituntut keteladanannya dalam berdemokrasi dengan visioner. Sikap bijak Pak Amien Rais perlu diikuti oleh para elite dan warga bangsa agar Indonesia makin bersatu dalam dinamika dan keberagaman menuju Indonesia berkemajuan,” tambahnya.

Baca: Haedar Nashir: Negara Gaduh Karena Politik Identitas

Sebelumnya pada saat berada di DPP PAN Jakarta, Senin (15/7) lalu, Amien Rais menyerukan semua pihak agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Berikan kesempatan penuh kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin memimpin Indonesia.

“Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma’ruf Amin dengan nanti lima tahun. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi,” ucapnya. (aw/detik/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*