habib nv saat buron (foto:merdeka.com)

habib nv saat buron (foto:merdeka.com)

Jakarta, LiputanIslam.com–Setelah hampir seminggu dinyatakan buron oleh Polda Metro Jaya, Habib Novel Bamukmin alias Habib NV  akhirnya menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya. Habib NV adalah tersangka penanggung jawab atas insiden ricuhnya unjuk rasa ratusan massa Front Pembela Islam (FPI) di gedung DPRD DKI Jakarta, pada Jumat 3 Oktober lalu,

“Iya (menyerahkan diri) masih diperiksa lebih lanjut,”  ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (8/10) seperti dikutip Tribunnews.

Rikwanto melanjutkan, status Habib NV saat ini menjadi tersangka, setelah pemeriksaan bisa dilakukan penahanan.

“Kemungkinan besar akan ditahan,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, bentrokan yang terjadi di depan Gedung DPRD DKI itu berawal dari demonstrasi ratusan massa FPI yang menolak Basuki Thahja Purnama atau Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta mengantikan Joko Widodo. Demo itu berujung ricuh karena massa melakukan penyerangan kepada aparat.  Sejumlah 16 anggota kepolisian mengalami luka-luka. Setelah diselidiki, saat berunjuk rasa, massa FPI membekali diri mereka dengan senjata tajam, batu, dan kotoran sapi.

Menyusul kejadian itu, polisi mengamankan 22 orang anggota FPI. Setelah dilakukan pemeriksaan 1 x 24 jam, penyidik menetapkan 21 orang sebagai tersangka, salah satunya Habib NV. Karena Habib NV tak diketahui keberadaannya, Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono pun membentuk tim memburu Habib NV.

Pelaku demo anarkis tersebut dijerat dengan pasal 214 ayat 1 dan 2 KUHP dan atau pasal 170 ayat 1 dan ayat 2 KUHP dan atau pasal 160 KUHP dan atau pasal 406 KUHP juncto pasal 55 KUHP. Mereka dianggap sudah melakukan tindak pidana melakukan kekerasan secara bersama sama terhadap anggota Polri yang sedang bertugas dan atau penghasutan, pengeroyokan, dan pengrusakan barang dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL