Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

Jakarta, LiputanIslam.com—Dua ulama Indonesia menandatangani surat terbuka kepada Abu Bakar al-Baghdadi dan para partisipan ISIS. Mereka adalah al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (Jam’iyyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah) dan Profesor Din Syamsuddin (PP Muhammadiyyah). Jumlah penandatangan surat itu adalah 126 ulama dari seluruh dunia.

Surat itu dimaksudkan sebagai penentangan atas ideologi ekstrim yang disebarkan ISIS, sekaligus sebagai penjelasan para ulama kepada masyarakat, khususnya umat Islam secara luas, bahwa tindakan ISIS sangat bertentangan dengan ajaran Islam dan jangan sampai anak-anak muda bergabung dengan mereka.

Dengan menggunakan dalil al-Quran dan hadits, maupun pernyataan ulama salaf dalam kitab-kitab klasik, 18 halaman surat yang dirilis pada Rabu (24/9) ini menolak  ideologi teroris ekstrim transnasional yang telah menimbulkan huru-hara dan kekacauan di Irak dan Suriah. Perilaku kejam yang mereka lakukan, berupa pembunuhan, penyiksaan dan perampasan tidaklah patut dijadikan sebagai representasi umat Islam.

Di antara poin penting dalam surat terbuka tersebut, dalam Islam, dilarang berfatwa tanpa memenuhi persyaratan keilmuan yang memadai. Penetapan fatwa juga harus mengikuti sistematika yang telah tercantum dalam teks-teks klasik. Juga dilarang untuk mengutip sepotong ayat al-Quran untuk menentukan hukum suatu hal tanpa mempertimbangkan konteks al-Quran dan al-Hadits yang berhubungan dengan hal itu. Dalam Islam, dilarang membunuh orang tak bersalah, utusan, duta, diplomat, jurnalis, dan paramedis. Jihad perang dalam Islam adalah demi mempertahankan diri (defensif). Tidak diperkenankan berperang tanpa sebab, tujuan, dan aturan yang benar.

Teks lengkap surat tersebut bisa diakses di www.lettertobaghdadi.com . Habib Luthfi adalah penandatangan di urutan 33 dan Prof Din Syamsuddin di urutan 114. (dw/muslimmedianews.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL