guru teladan duniaWashington DC, LiputanIslam.com — Seorang guru bahasa Inggris asal AS, Nancie Atwell, mendonasikan seluruh hadiah yang diterimanya sebagai pemenang kompetisi guru teladan dunia berhadiah $1 Juta, atau lebih dari Rp 13 miliar.

Seperti dilansir BBC News, Senin (16/3), Nancie Atwell berjanji akan mendonasikan seluruh hadiah uang yang diterimanya dari ‘Global Teacher Prize’ untuk sekolah yang didirikannya.

Penghargaan ‘Global Teacher Prize’, atau semacam hadiah Nobel dalam dunia pendidikan, didirikan untuk menghargai dunia pendidikan di seluruh dunia. Penghargaan itu diberikan kepada Nancie, hari Minggu (15/3), di Dubai, dalam sebuah forum bergelar ‘Global Education and Skills Forum’.

Dalam pernyataannya saat pemberian penghargaan, ia mengatakan bahwa menjadi guru dan membantu generasi muda adalah sebuah ‘keistimewaan’.

“Mendonasikan hadiah uang tersebut bukan berarti tidak menghargai diri sendiri, melainkan bentuk komitmen kepada layanan publik,” katanya.

Sementara itu mantan Presiden AS Bill Clinton, yang hadir dalam acara itu, mengatakan hadiah tersebut akan membantu masyarakat untuk menghargai profesi guru, sebagaimana ia masih ingat nama-nama guru yang pernah mengajarnya.

“Adalah sangat penting untuk menarik perhatian orang-orang terbaik untuk menjadi guru, dan menempatkan mereka di tempat yang penting,” kata Clinton.

Nancie Atwell adalah pendiri sekolah Center for Teaching and Learning di Edgecomb, Maine, AS. Sekolah itu memiliki perpustakaan di setiap ruangan dan para murid rata-rata membaca 40 buku setiap tahunnya.

Nancie juga dikenal sebagai penulis hebat, dengan 9 buku yang ditulisnya tentang pengajaran. Salah satu bukunya, ‘In The Middle’, terjual hingga 500.000 kopi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*